Guru Bisa Menjadi Inspirasi Bagi Siswanya

Posted on Updated on

Biasanya peserta didik akan bersemangat mengikuti materi pelajaran yang diberikan oleh guru bila guru yang mengajar menarik. Bagaimana mengajar yang menarik perhatian siswa, berikut ini beberapa hal yang harus menjadi perhatian guru.

1.Penampilan (Performance)

Guru adalah komponen utama bagi terlaksananya proses pembelajaran. Karena itu, guru perlu memiliki penampilan yang baik. Bapak/ibu guru boleh tampil cantik dan tampan karena guru tampil di depan,dimana semua mata peserta didik mengamati aktivitas yang dilakukan oleh guru. Penampilan guru adalah faktor utama yang membedakan antara orang yang sukses dan orang yang gagal. Kehebatan seorang guru menjalin hubungan sosial dengan peserta didik sangat penting untuk menarik perhatian dan minat mereka kepada ilmu dan ketrampilan yang diajarkan. Namun begitu, tidak dapat dipungkiri bahwa kecantikan dan ketampanan fisik adalah nilai tambah bagi peserta didik..

2.Kecakapan  berkomunikasi
Memberi ruang berkomunikasi kepada siswa dengan niat yang tulus dan penuh kasih sayang merupakan tiang utama terbukanya rahasia keharmonisan guru dan peserta didik. Komunikasi terbuka akan membuat guru dapat berbicara secara jujur dan penuh kasih mengenai pembelajaran tanpa membuat peserta didik bersikap defensif. Hal ini disebabkan guru cukup peduli untuk memberi umpan balik kepada mereka. Jika guru berinteraksi dengan siswa dalam pandangan yang positif maka akan tercipta hubungan yang positif pula,guru dapat berbicara langsung kepada peserta didik tentang berbagai hal yang terpenting dalam hidupnya, siapa diri mereka dan bagaimana mereka menampilkan diri. Mereka menginginkan hal ini dari guru secara jujur dan penuh dukungan.


3. Memperlakukan peserta didik sebagai Manusia Sederajat

Betapa pun usia siswa masih kanak-kanak, perlakukan siswa seperti kita ingin diperlakukan mereka. Jika kita ingin dihormati maka hormati juga mereka. Jika kita ingin dihargai haknya, maka hargai juga hak mereka. Jika kita ingin didengar mereka, maka kita harus mendengar mereka terlebih dahulu.

4. Membuat Kegembiraan
Guru secara sadar  menciptakan kegembiraan ke dalam pekerjaannya, maka kegiatan mengajar dan belajar akan lebih menyenangkan. Kegembiraan membuat peserta didik siap belajar dengan mudah, dan bahkan dapat mengubah sikap negatif menjadi positif, hubungan yang kaku manjadi cair.Bayangkan jika suasana tegang selalu ada dalam proses kegiatan belajar maka sekolah tak ubahnya seperti penjara yang merengut kebebasannya untuk berpikir, berekspresi dan beraktualisasi diri. Oleh karena itu, marilah kita buat suasana belajar dalam suasana keceriaan dan kegembiraan. Dengann suasana belajar yang menyenangkan pastilah akan bermunculan inspirasi-inspirasi baru yang menyegarkan. Inspirasi ini tidak hanya diciptakan oleh guru, tetapi sangat mungkin inspirasi tumbuh dari dalam diri siswa sendiri.

5.Berani tampil dengan berbagai model pembelajaran

Sebagai seorang guru yang inspiratif tentu kita tak boleh puas hanya dengan satu model pembelajaran. Bahkan, seandainya model pembelajaran itu kita anggap sangat memuaskan, kita harus senantiasa mencari dan menerapkan model pembelajaran yang baru.
Tentu saja, cara semacam itu penuh resiko karena tidak semua model pembelajaran yang kita tawarkan dapat memuaskan dan menyenangkan. Namun, dengan keberanian mencoba, kita menjadi tahu kelebihan dan kelemahan metode mengajar kita.Berani tampil dengan berbagai model pembelajaran membuat siswa tidak jenuh dan ini cukup bermakna untuk meningkatkan daya tarik peserta didik.

Jadilah guru yang mampu menjadi inspirasi peserta didiknya,semoga sukses

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s