Guru Profesional Meningkatkan Mutu Pendidikan

Posted on Updated on

Kata profesional sering kita kita dengar dan bermakna berhubungan dengan profesi yang memiliki kepandaian khusus untuk menjalankannya (ini menurut KKBI,1994),kemudian menjadi profesionalisme yang berarti tingkah laku,keahlian atau kualitas dari orang yang profesional (Longman,1987).Bila selama ini kita mendengar dokter,pengacara,insinyur,dan seterusnya  sebagai orang-orang yang profesional karena kepandaian/keahliannya.Mereka mendapat penghargaan dan pengakuan dari masyarakat dan pemerintah.

Undang-undang guru dan dosen no.14 tahun 2005 ,secara umum menyebutkan:

  • Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
  • Kualifikasi akademik adalah ijazah jenjang pendidikan akademik yang harus dimiliki oleh guru atau dosen sesuai dengan jenis, jenjang, dan satuan pendidikan formal di tempat penugasan.
  • Kompetensi adalah seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh guru atau dosen dalam melaksanakan tugas keprofesionalan.
  • Sertifikasi adalah proses pemberian sertifikat pendidik untuk guru dan dosen.
  • Sertifikat pendidik adalah bukti formal sebagai pengakuan yang diberikan kepada guru dan dosen sebagai tenaga profesional.
  • Organisasi profesi guru adalah perkumpulan yang berbadan hukum yang didirikan dan diurus oleh guru untuk mengembangkan profesionalitas guru.
  • Gaji adalah hak yang diterima oleh guru atau dosen atas pekerjaannya dari penyelenggara pendidikan atau satuan pendidikan dalam bentuk finansial secara berkala sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Jadi pekerjaan guru sudah diakui sebagai tenaga profesional sama dengan dokter,pengacara atau insinyur,untuk menjadi guru profesional tentu saja guru harus dan wajib mengembangkan diri untuk meningkatkan profesionalismenya….agar peserta didiknya mampu menghadapi tantangan abad 21

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s